Mencabut Gigi Atas Apa Berbahaya?

Tanya:
Dok saya mau menanyakan mitos tentang hubungan erat antara gigi dan saraf mata. Apakah benar mitos tersebut? Dan sejauh mana bahayanya kalau sembarangan mencabut gigi? Saat ini gigi geraham kanan bawah saya sangat sakit (karena lubang yang sangat sensitif) tapi saya takut mencabutnya. Kira-kira kondisi apa yang aman untuk mencabut gigi? Terimakasih.

Jawaban:
Secara medis, memang ada hubungan antara saraf gigi dengan syaraf yang ada pada tubuh manusia. Tetapi mitos yang mengatakan ada hubungan langsung antara saraf gigi dan mata itu tidak benar.

Yang benar adalah, pencabutan gigi yang sedang dalam kondisi infeksi tidak boleh dilakukan karena dapat menyebabkan penyebaran kuman. Penyebaran kuman inilah yang harus diwaspadai, karena jika gigi yang dicabut ada di rahang atas, dapat menyebabkan pembengkakan sampai ke daerah mata.

Oleh karena itu, jika ingin mencabut gigi harus dalam kondisi tanpa infeksi. Tanda-tanda gigi infeksi yang tidak boleh dicabut antara lain sakit, bengkak, dan ada nanah di gusi.

Sebaiknya Bapak jangan tergesa-gesa mencabut gigi. Berkonsultasilah dengan dokter gigi karena sekarang terdapat perawatan saraf gigi, dimana jika dilakukan dengan benar gigi yang sakit masih dapat disembuhkan dan dipertahankan tanpa perlu dicabut.

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/dentistry-oral-medicine/1999314-ingin-cabut-gigi-tapi-takut/#ixzz1zk98lF00





1 Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *