Obat Kumur Dapat Menyebabkan Kanker Mulut

Obat Kumur Dapat Menyebabkan Kanker MulutObat kumur memang direkomendasikan mengobati infeksi dan peradangan mulut. Namun penggunaannya dalam jangka waktu panjang ternyata berisiko menyebabkan kanker mulut. Seperti di kutip dari HealthDay, berdasarkan penelitian dari University of Queensland dan University of Melbourne di Australia mengungkapkan bahwa terlalu sering menggunakan obat kumur, terutama yang berbahan dasar alkohol dapat meningkatkan risiko kanker mulut hingga sembilan kali lipat.

Tim peneliti yang terdiri dari dokter gigi tersebut mengatakan, meskipun beberapa jenis obat kumur dapat membantu dalam mencegah timbulnya plak gigi dan radang gusi, namun sebaiknya tidak digunakan untuk jangka panjang.

“Penggunaan jangka panjang obat kumur yang mengandung bahan ethanol harus dihindari, mengingat bukti terbaru menyebutkan kemungkinan bahan ini ada kaitannya dengan risiko kanker mulut.” kata salah satu peneliti.

READ:  Lesi Putih Traumatik

Hasil penelitian juga menemukan bahwa obat kumur yang tersedia di pasaran saat ini mengandung alkohol hingga 26%. Padahal, jenis obat kumur dengan konsentrasi alkohol lebih dari 20% memiliki efek yang lebih berbahaya, karena dapat menyebabkan penyakit radang gusi, bintik merah pada mulut serta pelepasan sel pada dinding mulut.