Mau Putihkan Gigi? Gunakan pemutih gigi instan. Terbukti aman. Klik di sini!

Gigi Tetap dan Fungsi Gigi Susu

Gigi Tetap dan Fungsi Gigi SusuGigi Tetap

Gigi tetap pertama biasanya muncul sekitar usia 6 tahun. Oleh karenanya, paling baik kalau gigi susu tanggal ketika gigi tetap penggantinya sudah teraba atau terlihat. Gigi susu harus dipertahankan karena merupakan penuntun erupsi bagi gigi tetap. Jika gigi susu tanggal sebelum waktunya gigi tetap keluar, maka gigi geligi “tetangganya” akan bergeser mengisi sebagian kavling yang kosong. Akibatnya, gigi tetap tumbuh tidak pada tempatnya alias berantakan.

Fungsi gigi susu

Beberapa dari Anda yang memperhatikan kesehatan gigi terutama kesehatan gigi anak pasti bertanyatanya sebenarnya buat apa gigi susu itu tumbuh? Secara umum fungsi gigi selain untuk proses awal pencernaan makanan, fungsi bicara, dan fungsi estetika sebagai keindahan wajah.

Tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, kembali ke gigi susu, gigi susu memiliki fungsi penting sebagai penunjuk jalan gigi tetap/permanen yang akan tumbuh dimana gigi permanen berada dibawah gigi susu. Setiap periode sudah tersusun untuk digantikan secara berurutan oleh gigi berikutnya. Sesuai urutannya pada gigi seri susu akan digantikan oleh gigi seri tetap/permanen, gigi geraham susu akan digantikan pula oleh gigi geraham permanen sedangkan dibelakang gigi geraham susu yang terakhir sudah dikapling untuk tempat gigi geraham besar tetap yang pertama. jadi semua sudah terpola, kemana gigi permanen akan menempati posisinya masing-masing.

Pencabutan gigi susu sebelum waktunya akan mengacaukan sistem keseimbangan susunan gigi dalam mulut. Pencabutan yang terlalu awal akan menyebabkan terjadinya pergeseran posisi gigi. Akibatnya,gigi tetap yang akan tumbuh tidak akan memperoleh ruang cukup dan akan tumbuh gigi tetap dengan susunan gigi berjejal. Kasus seperti ini bisa ditangani oleh dokter gigi bagian orthodonti. Oleh karena itu mengapa kita harus menunggu kalau perbaikan bisa kita Iakukan mulai dari sekarang dan yang paling penting adalah pencegahan.





Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *