Rajin Membersihkan Gigi

Rajin Membersihkan GigiSejak erupsi gigi yang pertama orang tua harus membersihkan gigi tersebut setiap habis menyusui, karena susu bisa menempel pada gigi dan berbahaya bagi kesehatan gigi. Nanti di usia 1-2 tahun giginya bisa rusak dan berlubang jikan tidak dibersihkan sejak awal. Juga bisa sampai berwarna hitam karena pengaruh dari sisa-sisa makanan yang menempel. Sebetulnya, sebelum gigi erupsi pun bayi sebaiknya sudah diajarkan merawat gigi. Caranya dengan orang tua membersihkan gusi-gusi memakai kain kasa atau kapas yang dibasahi air matang. Posisi yang paling enak dengan memangku bayi dan mendekap kepalanya ke dada ibu.

Setelah giginya erupsi, gunakan sikat gigi khusus bayi. Sedikitnya dibersihkan sekali sehari tanpa memakai pasta gigi, dengan posisi kepala bayi di pangkuan ibu. Setelah anak bisa berjalan barulah diajarkan menyikat gigi sendiri. Posisinya, ibu di belakang anak dan membantu anak menyikat gigi dari belakang. Gunakan sikat gigi khusus anak yang sesuai usianya dan pasta gigi yang mengandung Fluor namun rasanya tidak manis. Lakukan 2 kali sehari, sehabis makan pagi dan mau tidur malam.

Loading...

READ:  Edema Gusi dari Hipotiroidisme

Orang tua sebaiknya memilih model sikat gigi maupun pastanya menurut kesukaan anak. Kemudian cara menyikat giginya yang penting adalah bersih. Anak dibantu dalam menyikat gigi sampai kemudian ia bisa dilepaskan sendiri untuk menyikat gigi. Sebaiknya kebiasaan memberkan gigi ditanamkan oleh orang tua sejak dini, sehingga kelak dengan sendirinya kebiasaan ini akan terbentuk dalam diri anak.

Bayi usia 0-6 bulan umumnya belum memiiki gigi susu. Namun begitU, kegiatan membersikan lidah dan gusinya sudah harus dilakukan begitu selesai menyusu dan sebelum tidur malam.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sediakan potongan kain kasa atau kain steril yang lembut
  2. Celupkan/basahi kain tersebut dengan air matang
  3. Balutkan kain pada jari telunjuk ibu/ayah
  4. Bersihkan mulut dan gusi si kecil secara pelan
  5. Posisikan bayi berbaring agak tegak atau duduk di pangkuan kalau sudah bisa.
READ:  Waktu Menggosok Gigi Pada Bayi dan Anak

Loading...