Waktu Menggosok Gigi Pada Bayi dan Anak

 Menggosok Gigi Pada Bayi dan AnakGigi Bayi

a. Bila gigi susu bayi sudah muncul, gunakan sikat gigi mungil. Jika hendak menggunakan pasta gigi, sediakan kain basah karena si kecil belum bisa berkumur. Posisikan ia duduk di pangkuan. Arah membersihkannya bisa vertikal maupun horisontal. Yang terpenting seluruh permukaan gigi, baik bagian luar maupun dalam (yang menghadap ke lidah), dan sela-selanya ikut dibersihkan.

Loading...

b. Kalau sudah selesai, seka pasta giginya dari mulut dan bibir dengan lap basah sampai bersih.

Gigi Anak

Lakukan langkah-langkah menggosok gigi yang terbaik seperti:

1. Gosok gigi searah, dari atas ke bawah untuk gigi atas; dan sebaliknya dari bawah ke atas untuk gigi bawah. Inilah pninsip menyikat “dari merah ke putih” atau dari gusi ke ujung gigi agar kotoran yang tersapu tidak balik lagi. Gerakan searah juga menjaga kesehatan gusi.

READ:  Solusi Terbaik Mencegah Terjadinya Radang Gusi Pada Anak

2. Buatlah gerakan mengeluarkan kotoran dari sela-sela gigi.

3. Gosoklah perlahan semua permukaan gigi mulai dari bagian dalam, tengah, dan luar.

4. Bersihkan juga langit-langit, dinding mulut, dan permukaan lidah.

5. Usahakan air yang digunakan untuk menggosok gigi bersih dan jernih. Untuk anak yang baru belajar untuk berkumur sediakan air matang.

6. Jangan berkumur terlalu banyak supaya masih tersisa fluoride untuk menjaga kekuatan gigi.

Waktu Gosok Gigi

Waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur. Menggosok gigi setelah makan bertujuan mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan ataupun di sela-sela gigi dan gusi. sedangkan menggosok gigi sebelum tidur berguna untuk menahan perkembangbiakan bakteri dalam mulut karena dalam keadaan tidur tidak diproduksi ludah yang berfungsi membersihkan gigi dan mulut secara alami. Untuk itu, usahakan gigi betul-betul dalam kondisi bersih sebelum tidur. Ketika banguti pagi, gigi masih relatif bersih sehingga gosok gigi bisa dilakukan setelah sarapan.

READ:  Perawatan Gigi Susu Pada Anak

Loading...