Tips Memilih Pasta Gigi Yang Baik

Tips Memilih Pasta Gigi Yang BaikPasta gigi

Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol, yaitu salah satu merek pasta gigi. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generik.

Loading...

Tips Memilih Pasta Gigi Yang Baik

1. Pilih pasta gigi yang mengandung cukup nuoride. Nuoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. Namun, anak-anak di bawah 3 tahun sebaiknya tidak memakai odol. Pasalnya, terlalu banyak nuoride justru tidak bagus dan membuat gigi lebih rapuh.

2. Pilih pasta gigi yang busanya tidak terlalu banyak. Busa yang terlalu banyak menunjukkan bahwa kandungan deterjen di dalamnya juga banyak. Pendapat bahwa semakin banyak busa semakin baik, tentu tidak benar.

READ:  Mengenal Alat Kedokteran Gigi, Tooth Camera

3. Hindari langsung makan setelah menyikat gigi. Pasalnya, kadar asam mulut akan turun dan nuoride pun hilang, sehingga kuman akan masuk lagi. Makan sebaiknya 1 – 2 jam setelah menyikat gigi.

4. Untuk menjaga kondisi gigi, setiap 6 bulan sekali anak sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk dilakukan topical nuoride (pelapisan gigi). Apalagi bagi anak-anak yang malas menyikat gigi.

Loading...