Daun Sirih dan Kesehatan Gigi

Daun Sirih dan Kesehatan GigiDaun Sirih

Kesehatan gigi secara tradisional erat kaitannya dengan daun sirih bagi orang Indonesia sudah pasti mengetahui kalau daun sirih memang mempunyai banyak khasiat khususnya dalam bidang kesehatan gigi dan mulut. Manfaat daun sirih untuk gigi memang tidak diragukan lagi dan sampai sekarang kakek dan nenek masih menggunakan daun sirih untuk membersihkan gigi.

Loading...

Uraian Tanaman

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5-8 cm dan lebar 2- 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ±1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

READ:  Jangan Abaikan Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan dan Manfaat

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan jamur. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Kegunaan

– Batuk

– Sariawan

– Bronchitis

– Jerawat

– Keputihan

– Sakit gigi karena berlubang (daunnya)

– Demam berdarah

– Bau mulut

– Haid tidak teratur

– Asma

– Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)

READ:  Perlunya Kesadaran Menjaga Oral Hygiene

– Gusi bengkak (getahnya)

Pemakaian Luar

– Eksim

– Luka bakar

– Koreng (pyodermi)

– Kurap kaki

– Bisul

– Mimisan

– Sakit mata

– Perdarahan gusi

– Mengurangi produksi ASI

– Menghilangkan gatal

Keterangan

Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar daun sirih, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

Peringatan

Mengunyah sirih terlalu banyak dan dalam rentan waktu yang Iama telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan tenggorokan squamous cell Carcinoma

Loading...