Klasifikasi Taksonomis Manusia

A. Taksonomi

Taksonomi  adalah cabang Ilmu biologi yang memberi nama dan mengklasifikasi semua mahluk hidup. Taksonomi merupakan bagian dari sistematika. llmu yang mempelajari keanekaragaman organisme.

Loading...

1. Proses taksonomi mengklasifikasikan organisme-organisme ke dalam suatu hierarki unit yang didasarkan pada derajat kesamaan di antara mereka. Setiap tingkat klasifikasi disebut takson.

2. Beberapa karakter yang dipakai untuk mengklasifikasi organisme ke dalam suatu unit (taksa) meliputi, morfologi kasar, tahap-tahap perkembangan, kemungkinan hubungan evolusioner, dan perbandingan struktur protein dan gen organisme tersebut.

3. Setiap organisme memiliki dua bagian nama Latin: genus (majemuk, genera) dan spesies. Spesies dikelompokkan dalam genus, genus di kelompokkan dalam keluarga, keluarga menjadi ordo, ordo menjadi kelas, kelas menjadi filum, dan filum menjadi kerajaan.

4. Unit taksonomi terbesar adalah keluarga. Lima keluarga tersebut meliputi Monera (organisme mikroskopik yang tidak memiliki nukleus). Protista (organisme bersel tunggal dan bernukleus). Tumbuhan (tumbuhan multiselular). Fungi dan animalia. Manusia masuk dalam kerajaan Animalia.

B. Klasifikasi manusia

READ:  Penyakit Kanker Mulut

1. Kerajaan: animalia. Semua organisme yang termasuk golongan hewan mendapatkan makanannya dengan cara mengkonsumsi dan mencerna organisme lain.

2. Filum: Chordata. Manusia. seperti juga Ikan. hewan amfibi. reptil. burung dan mamalia lainnya termasuk golongan hewan yang di suatu masa dalam siklus hidupnya memiliki tiga karakteristik pembeda yang menggoIongkan mereka ke dalam filum tersebut. Tiga karakteristik tersebut adalah

a. Sebuah notokorda yaitu batang penyangga yang keras dan fleksibel, terletak di bagian punggung.

b. Sebuah korda saraf tubular (pipa) terletak secara dorsal. atau di atas notokorda.

c. Celah insang berpasangan (celah) terletak di sisi tenggorok (bagian tenggorok). setidaknya di suatu masa saat perkembangan.

3. Subfilum : Vertebrata. Verterbrata meliputi semua hewan yang memiliki satu tulang rangka Internal dan satu tulang belakang yang beresendi. Vertebrata terbagi menjadi delapan kelas: manusia tergolong dalam kelas Mamalia.

READ:  Anatomi Lidah Normal

4. Kelas: mamalia. Mamalia adalah vertebrata berdarah panas. Karakteristik tambahan dari mamalia adalah sebagai berikut:

a. Rambut. penutup yang membatasi dan melindungi. membantu mempertahankan suhu tubuh yang tetap.

b. Kelenjar susu yang memproduksi susu. untuk memberi makan anaknya

c. Sebuah diafragma muskular yang berfungsi dalam pernapasan.

d. Sebuah Jantung beruang empat yang memisahkan darah yang membawa oksigen dengan darah yang tidak membawa oksigen.

e. Plasenta Intrauterus untuk memberikan nutrist pada janin di masa pertumbuhan prenatal.

f. Tiga osikel (tulang ) telinga dan gigi yang terdiferensiasi akibat kebiasaan mengunyah beragam jenis makanan. juga menjadi karakteristik mamalia.

5. Ordo : Primata. Primata meliputi lemur, monyet, dan manusia kera, serta manusia. Mereka memiliki tangan yang mampu menggenggam. dan ibu jari yang dapat di gerakkan berputar, cakar yang termodifikasi menjadi kuku jari tangan dan jari kaki, serta otak yang terbentuk dengan baik dan relatif besar.

READ:  Implan Gigi Untuk Menggantikan Gigi yang Hilang

6. Keluarga: Hominidae. hominidae meliputi berbagai ras manusia yang sudah punah dan yang masih ada.

7. Genus: Homo dan spesies : sapiens, Home Sapiens meliputi semua suku bangsa manusia.

C. Karakteristik khas manusia. antara lain:

1. Manusia termasuk bipedal. yaitu memiliki kemampuan untuk berdiri tegak dan berjalan dengan dua kaki.

2. Manusla memiliki tengkorak yang besar, dengan kapasitas kranial yang sangat besar. Dalam berat yang sebenarnya. ukuran otak manusla merupakan yang terberat di antara semua mamalia yang ada.

3. Manusia memiliki pelvis yang melebar. yang memungkinkan mereka untuk melahirkan anak dengan ukuran kepala yang besar.

4. Manusia memiliki dagu yang menonjol. rahang yang lemak, dan gigi-gigi yang kecil. jika dibandingkan dengan mamalia Iainnya.

Loading...