Faktor yang Mempengaruhi Warna Gigi Berubah

Berbicara masalah gigi, sudah pasti semua orang menginginkan gigi yang bersih dan putih alami. Selain menjaga kebersihan gigi, hal yang perlu kita lakukan adalah menjaga warna putih alami gigi tetap terjaga.

Namun memang ada beberapa faktor yang membuat gigi tak lagi putih karena pudar warna aslinya. Gaya hidup dan perawatan yang tak seimbang menjadi alasan kenapa gigi jadi kuning.

Faktor yang Mempengaruhi Warna Gigi Berubah
Faktor yang Mempengaruhi Warna Gigi Berubah

Warna gigi yang begitu dihindari semua orang. Mengapa? Karena kadang gigi dengan warna kuning dianggap sebagai gigi yang tidak bersih, penuh dengan kotoran dan plak. Sementara gigi dengan warna putih cemerlang menjadi bagian dari mimpi setiap orang.

Jadi tidak heran jika semua orang berlomba-lomba berkunjung ke dokter gigi untuk memutihkan gigi. Padahal jika diteliti lebih jauh sebenarnya warna gigi diciptakan tidak dengan warna yang betul-betul putih, tetapi dengan warna yang agak sedikit kuning. Lalu, mengapa gigi berwarna kuning?

READ:  Tiga Cara Putihkan Gigi

Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi sehingga warna gigi berubah:

Natural, alami 

Ada beberapa orang memang diciptakan dengan gigi berwarna kuning. Hal ini bukanlah merupakan bentuk kelainan atau kecacatan karena tidak semua dari kita cukup beruntung untuk memiliki gigi putih alami. Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (enamel) manusia berwarna putih. Namun, lapisan di bawahnya yang disebut dentin secara alami berwarna kuning.

Dalam beberapa kondisi, lapisan paling luar (enamel) yang tidak mengalami mineralisasi secara baik menyebabkannya menjadi jelas. Hal ini membuat warna dentin yang (kuning) lebih jelas sehingga tampaklah gigi tersebut berwarna kuning, dan anda tidak dapat mengubah warna gigi alam ini, kecuali jika Anda menggunakan metode pemutihan gigi.

READ:  KEUNGGULAN PASTA GIGI K-ALL WHITE

Penuaan 

Anda harus menerima kenyataan bahwa kuningnya gigi Anda adalah bagian dari terjadinya penuaan yang alami. Namun sebaiknya Anda hati-hati pula dalam menjaga kebersihan. Selama jangka waktu tertentu agen stain (bahan yang melekat pada permukaan gigi) dapat menimbulkan warna kuning pada gigi Anda. Semakin banyak agen stain yang melekat pada permukaan terluar (email) gigi Anda, maka akan menutupi warna putih (email) gigi Anda dan akhirnya warna kuning gigi akan terlihat.

Kebersihan gigi dan mulut

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah penyebab utama gigi yang berwarna kuning. Anda dapat mengatakan “gigi kuning dapat menyebabkan berbagai macam masalah” tetapi kebersihan gigi dan mulut yang buruk selalu menyebabkan gigi berwarna kuning (bersama dengan sejumlah masalah gigi dan mulut lainnya)

READ:  Cara Menghindari Gigi Berjejal

Kebiasaan Makan

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat pula bertanggung jawab atas terjadinya perubahan warna pada gigi. Makanan seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek “mewarnai” gigi. Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya deposit atau akumulasi nikotin pada gigi.

Beruntunglah Anda yang mempunyai gigi dengan warna yang lebih putih. Dan Anda yang mempunyai gigi yang berwarna kuning, jangan minder karena gigi Anda sebenarnya tidak lebih buruk dari yang mempunyai gigi putih. Poin penting yang utama adalah ketika Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Apa gunanya gigi dengan warna putih jika tidak sehat.