Cara Menghilangkan Karang Gigi

Loading...

Menjaga penampilan bukan hanya dari luar saja, kondisi dalam tubuh terutama gigi juga harus selalu dijaga kebersihannya.

Seringkali seseorang tidak menyadari masalah yang berada di gigi, salah satunya adalah karang gigi. Karang gigi berasal dari plak-plak atau kotoran yang menempel di gigi dan telah mengeras.

Masalah karang gigi memanglah tidak membahayakan, namun bila dibiarkan terus menerus, karang gigi ini dapat menjadi masalah sendiri.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Salah satu masalah karang gigi adalah keroposnya lapisan gigi terluar, selain itu juga karang gigi akan membuat tampilan gigi tidak lagi menarik.

Karang gigi biasanya berwarna kuning atau hitam dan seringkali berada di sela-sela gigi bagian terdalam. Karang gigi muncul disebabkan oleh kurang bersihnya menyikat gigi sehingga banyak bagian gigi terutama yang terdalam tidak ikut terbersihkan.

Menyikat gigi sangatlah penting dilakukan apalagi bila sudah meminum kopi, teh, susu, ataupun merokok. Aturan menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur haruslah benar-benar diperhatikan.

READ:  Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berubah Warna

Sesudah makan, lapisan makanan seringkali menempel di gigi namun tidak dapat dilihat mata telanjang. Oleh karena itulah, disarankan untuk selalu menyikat gigi terutama sebelum tidur agar plak-plak tidak mengeras dipagi hari.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara menghilangkan karang gigi paling mudah adalah dengan langsung menghubungi dokter gigi. Namun, banyak yang merasa takut bila mendatangi dokter gigi karena membayangkan suara dan rasa sakit dari alat pembersih karang gigi.

Oleh karena itu, berikut adalah cara menghilangkan karang gigi dengan mudah tanpa harus mendatangi dokter gigi:

Biji asam kawak

Biji asam yang satu ini baik untuk menghilangkan karang gigi dengan cara menyangrainya terlebih dahulu. Setelah disangrai atau dimasak tanpa minyak, biji asam kawak kemudian dihaluskan. Bubuk dari biji asam kawak ini kemudian digosokan pada gigi yang memiliki karang gigi dengan menggunakan sikat atau kapas.

READ:  Bagaimana Perawatan Menggunakan Kawat Gigi

Buah apel

Buah bulat yang satu ini ternyata selain cocok untuk makanan diet, ternyata juga baik untuk menghilangkan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan buah apel ternyata sangatlah mudah.

Cukup memakan buah apel dengan kulitnya agar kandungan gizi yang terkandung didalam kulit buah apel dapat membantu menjaga gigi dari plak-plak yang membandel.

Kulit buah apel akan membuat gigi menjadi serasa lebih kesat. Maka dari itu, makanlah buah apel secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cengkeh

Rempah yang satu ini selain baik untuk penyedap makanan, juga baik untuk kesehatan gigi. Tahukah? Bahwa masyarakat jaman dahulu sering menggulum cengkeh untuk membersihkan gigi mereka? Ya, ternyata khasiat cengkeh untuk kesehatan gigi telah diketahui sejak dahulu.

READ:  Penyebab Gigi Menjadi Goyah

Dengan menggulum cengkeh setiap hari akan membantu gigi terasa kesat dan menghilangkan bau mulut. Atau bisa juga menumbuk halus cengkeh minimal sebanyak tujuh buah, dan kemudian digosok keseluruh lapisan gigi dengan menggunakan sikat atau kapas. Selain digosok, bubuk cengkeh ini bisa menjadi obat kumur tradisional yang baik untuk menghilangkan bakteri mulut.

Gunakanlah benang gigi

Karang gigi muncul karena adanya plak di lapisan gigi yang menumpuk banyak dan mengeras. Setelah makan, selalu usahakan menggunakan benang gigi terutama untuk gigi dibagian dalam, karena walaupun tidak terdapat makanan yang terasa menyelip, tapi sebenarnya sisa-sisa makanan tersebut menumpuk di sela gigi.

####

Dengan menggunakan berbagai cara menghilangkan karang gigi di atas dan selalu menyikat gigi dua kali  sehari, dipastikan kesehatan gigi anda akan selalu terjaga.

Loading...