Mengenal Kista Erupsi Gingiva dan Limfangioma Bawaan

 

https://www.infogigi.comHematoma Erupsi

Kista erupsi adalah varian jaringan lunak dari kista dentigerous yang terbentuk di sekitar mahkota gigi yang sedang bererupsi. Biasanya berhubungan dengan gigi sulung dan tampak sebagai suatu pembengkakan kecil, berbentuk kubah, kebiru-biruan, berfluktuasi.

Kista tersebut dibatasi oleh epitel odontogenik dan berisi darah atau serum. Biasanya tidak perlu perawatan, karena gigi yang sedang bererupsi akhirnya akan memecah membrane kista.

Peredaan secara simtomatis dapat diperoleh dengan menginsisi lesi dan membiarkan cairannya mengalir.

Limfangioma bawaan.

Limfangioma bawaan adalah neoplasma jinak dari saluran limfatik yang dilatasi, kadang-kadang terjadi dalam mulut bayi. Lokasi umumnya adalah lidah, mukosa bibir dan lingir alveolar.

Tidak terbukti adanya predileksi seksual. Lesinya secara khas membentuk suatu pembengkakan tanpa gejala, dapat ditekan, dan negative pada diaskopi.

Jika superficial, maka pembengkakan terdiri atas papulonodula tunggal atau multipel terpisah-pisah yang berwarna merah muda sampai biru tua.

Tumor-tumor yang terletak dalam, membentuk pembengkakan difus tanpa perubahan warna dari jaringan diatasnya. Limfangioma besar pada leher, disebut higroma kistik. Eksisi bedah adalah perawatan pilihan untuk limfangioma intraoral.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

pengertian linea alba, merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung