Neoplasma Ganas

Loading...

https://www.infogigi.comKarsinoma Kistik Adenoid (silindroma) dan karsinoma mukoepidermaid adalah dua neoplasma intra oral ganas, yang paling sering ditemukan pada kelenjar liur tambahan.

Tumor mukoepidermoid paling sering mengenai orang berusia 20-50 tahun, sedangkan karsinoma kistik adenoid biasanya terjadi sesudah usia 50 tahun. Sebagai tambahan, selain pada kelenjar-kelenjar liur, karsinoma kistik adenoid dapat terjadi pada saluran pernapasan, gastrointestinal, dan reproduksi, sedangkan tumor mukoepidermoid dapat terjadi pada kulit, saluran napas atau secara sentral di dalam tulang terutama mandibula.

Neoplasma ganas pada kelenjar liur tambahan seringkali terjadi di palatum posterior. Secara klasik tanpa gejala, keras, berbentuk kubah yang terjadi lateral dari garis tengah.

Jaringan yang menutupi tampak normal dalam tahap dini, tetapi kemudian mukosanya menjadi eritematosis, dengan banyak pembuluh permukaan telangiektasia kecil yang multipel.

READ:  Patah Tulang Rahang

Pertumbuhannya lebih cepat dan sakit dari pada tumor kelenjar liur jinak. Biasanya keras dan akhirnya berulserasi secara spontan, menunjukkan pertumbuhan keganasan yang cepat dibandingkan dengan tumor jinak.

Indurasi dan/atau eksudat mukus yang keluar dari permukaan pembengkakan yang berulserasi adalah jelas untuk karsinoma mukoepidermoid.

Perawatan biasanya eksisi radikal. Prognosisnya bervariasi tergantung pada derajat diferensiasi histologiknya, luas lesi dan adanya metastasis.

Karsinoma kistik adenoid jarang bermetastasis. Tetapi adalah suatu keganasan yang berinfiltrasi dengan kecenderungan untuk penyebaran jauh melalui invasi perineural; karenanya pengamatan seumur hidup diperlukan. Sebaliknya, tumor mukoepidermoid tidak sering bermetastasis dan lebih mudah disembuhkan dengan cara pembedahan.

Loading...