Hairy Leukoplakia

Loading...

https://www.infogigi.comHairy leukoplakia adalah suatu temuan benar-benar mirip leukoplakia yang menunjukkan infeksi dan immunosupresi dari human immune  deficiency virus (HIV; HTL V-III).

Lesi ini terutama terletak pada tepi lateral lidah, tetapi dapat meluas menutupi permukaan dorsal dan ventralnya. Rupa-rupanya berasal dari virus karena virus Epstein-Barr telah diidentifikasi ada di dalam sel-sel epitel yang terkena.

Dinamakan Hairy leukoplakia karena kupasan seperti rambut dari lapisan permukaan parakeratotik terbukti ada secara histologis. Candida albicans seringkali dihubungkan dengan lesi ini.

Hairy leukoplakia  menimbulkan lipatan-lipatan tegak vertikal yang putih pada sisi lateral lidah. Pada awalnya lesi-lesi tersebut mempunyai lipatan-lipatan agak putih dan lekuk-lekuk merah muda di sekitarnya yang saling bergantian sehingga membuatnya tampak seperti bak cuci dengan lirik putih vertikal yang khas.

READ:  Pencegahan Radang Mulut

Lirik-lirik tersebut akhirnya bergabung untuk membentuk plak-plak putih yang khas atau bercak-bercak berkerut putih tebal yang luas. Lesi-lesi besar biasanya tidak mempunyai gejala, tepin-tepinya tidak berbatas jelas dan tidak hilang dengan gosokan.

Kejadian bilateral adalah biasa, tetapi lesi-lesi unilateral juga mungkin. Lesi hairy leukoplakia telah tercatat dijumpai di palatum dan mukosa pipi. Obat-obat anti-virus dapat mengurangi ukuran lesinya, tetapi kurang membantu dalam mengubah proses infeksi HIVnya.

Loading...