Kandidiasis Keratotik Kronis

 

https://www.infogigi.comHiperplastik

Kandidiasis keratotik kronis disebabkan oleh organisme candida sp. yang menerobos permukaan mukosa dan menstimulasi respons hiperplastik.

Iritasi kronis, kebersihan mulut yang jelek, dan serostomia adalah faktor-faktor predisposisi; jadi, perokok dan pemakai gigi tiruan seringkali terkena yang terkena terutama adalah dorsum lidah, palatum, dan sudut-sudut bibir.

Lesi tersebut selalu mempunyai tepi menimbul yang tegas dan permukaan putih berbintil-bintil dengan beberapa daerah merah; karena keadaan tersebut dapat mirip dengan leukoplakia atau aritroleukoplakia. Komponen eritematosus yang berpencar adalah akibat dari keruasakan lapisan sel mukosa.

Bercak putih dari kandidiasis keratotik kronis tidak dapat dikupas, sehingga diagnosis harus ditentukan dengan biopsi. Secara mikroskopis, organisme tersebut dapat dikenal dengan cara pewarnaanhematoxylin dan eosin rutin atau yang lebih sesuai dengan pewarnaan PAS.

Dengan pemakaian topikal yang memadai dari obat-obat anti-jamur, maka biasanya terjadi penyembuhan. Dalam beberapa hal, pengupasan secara bedah diperlukan.

Semua pasien dengan kandidiasis keratotik kronis seharusnya diamati dengan cermat karena bentuk ini dapat dikaitkan dengan bercak eritroplakia, suatu lesi yang seringkali merupakan awal keganasan.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

pengertian linea alba, merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung