Kandidiasis Atrofik Akut

https://www.infogigi.comAntibiotic Sore Mouth

Penggunaan antibiotik spektrum luas, terutama tetrasiklin, dapat mengakibatkan kondisi mulut yang disebut “kondidiasis atrofik akut”.

 

Infeksi jamur ini adalah akibat dari ketidak-seimbangan dalam ekosistem oral antara lactobacillus dan candida albicans. Antibiotik yang diterima oleh pasien mengurangi populasi lactobacillus dan memungkinkan organisme candida tumbuh subur.

Infeksi tersebut membuat daerah-daerah mukosa permukaan mengelupas dan tampak sebagai bercak-bercak merah difus yang tidak menimbul. Sakit seperti terbakar adalah keluhan utama yang paling sering.

Distribusi dari bercak-bercak kandidiasis atrofik akut seringkali menunjukkan penyebabnya. Lesi yang mengenai mukosa pipi, bibir, dan orofaring seringkali menunjukkan adanya pemakaian antibiotik secara sistmik, sedangkan merahnya lidah dan palatum lebih umum setelah penggunaan antibiotik isap.

Jika mengenai lidah, maka permukaan yang tanpa papila-papila filiformis adalah umum. Arang suatu temuan klinis maka supresi immun yang parah adalah kemungkinan yang paling besar.

Diagnosis infeksi candida harus dipastikan dengan adanya organisme-organisme sedang berkembang atau bentuk-bentuk hife pada pewarnaan usap sitologik. Perawatannya dengan obat-obat anti-jamur.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

bahaya lem alteco untuk gigi, cara membuat lem gigi palsu alami, Cara Memanjangkan lidah, cara menumbuhkan gigi gingsul dengan cepat dan alami, cara melepas behel dengan baking powder, biaya memutihkan gigi di puskesmas, gambar gigi, cara mematikan saraf gigi, apakah lem alteco bisa untuk behel, gigi geraham tumbuh berapa kali