Ephelis pada Bibir

https://www.infogigi.comBintik-Bintik

Ephelis adalah suatu makula coklat muda sampai tua yang timbul pada bibir atau kulit setelah pengendapan aktif dari melanin yang terjadi akibat pemajanan terhadap sinar matahari.

 

Tidak seperti beberapa pigmentasi, lesi ini tetap tidak berubah ukurannya dengan berlalunya waktu, menjadi gelap respons terhadap sinar matahari dan mempunyai predileksi untuk orang-orang berkulit pucat atau berambut merah.

Suatu bintik tunggal secara klinis bisa dibedakan dari makula melanotik oral dengan berdasarkan riwayat traumatik atau peristiwa radang yang mengdahului perkembangan keadaan yang selanjutnya.

Secara mikroskopis, suatu ephelis memperlihatkan penambahan pigmen melanin tanpa penambahan banyaknya melanosit. Bintik-bintik multipel pada bibir harus dibedakan dari ephelis bibir yang terlihat dalam hubungannya dengan pigmentasi pada telapak tangan dan polip usus dari sindrom Peutz Jeghers.

Ephelis menimbulkan keprihatinan kosmetis dan perlu dibuang secara bedah; jika tidak, maka secara normal dianjurkan observasi.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Polip pulpa menghitam, Crown gigi bpjs, cara membuat lem gigi palsu alami, bahaya lem alteco untuk gigi, cara melepas behel dengan baking powder, biaya memutihkan gigi di puskesmas, gambar gigi, cara mematikan saraf gigi, apakah lem alteco bisa untuk behel, cara menumbuhkan gigi gingsul dengan cepat dan alami