Kondiloma Akuminatum

Loading...

https://www.infogigi.comKutil Kemaluan

Kondiloma akuminatum adalah suatu tumbuhan papilomatosa yang dapat menular, dapat tampak mirip dengan papiloma atau fibroma, kecuali untuk beberapa gambaran yang membedakan.

Kondiloma oral terjadi jauh kurang sering dari pada papiloma. Dijumpai lebih cenderung multipel. Daerah-daerah yang hangat, lembab dari kulit dan mukosa anogenital merupakan daerah pertumbuhan yang sering.

Kondiloma akuminatum biasanya multipel, kecil dan berwarna merah muda sampai abu-abu kotor. Permukaannya dapat rata, tetapi lebih sering berbintil-bintil dan member gambaran kembang kol.

Dasarnya tidak bertangkai dan tepi-tepinya menimbul dan membulat. Penularan secara kontak dapat terjadi diantara penderita dan pasangan seksualnya.

Jika ada lesi multipel, maka proliferasi dari kondiloma disekitarnya dapat membentuk kelompok-kelompok luas yang dapat tampak sebagai massa yang tunggal.

READ:  Mengenal Insidensi Leukoedema

Dapat terjadi pada setiap permukaan mukosa mulut, tetapi mukosa labial adalah daerah yang paling umum. Secara histologist kondilomata menunjukkan parakeratosis, invaginasi kriptik dari sel-sel bertanduk dan koilositosis.

Lebih dari 85% kondiloma akuminatum mempunyai DNA HPV tipe 6 dan 11 yang ada dalam epitelnya. Perawatan pilihan adalah eksisi yang luas, karena lesi-lesi ini mempunyai angka kekambuhan tinggi.

Kadang-kadang dilaporkan perubahan onkogenik dari pertumbuhan – pertumbuhan yang telah ada sejak lama.

Loading...