Penyakit Tangan dan Kaki serta Mulut

Loading...

https://www.infogigi.comPenyakit tangan kaki dan mulut adalah suatu penyakit agak menular yang disebabkan oleh sejumlah virus Coxsackie A dan B.

Biasanya mengenai anak-anak, tetapi dapat dijumpai pada orang dewasa muda. Penyakit itu khas terjadi pada musimsemi dan musim panas.

Seperti dinyatakan dari namanya, penyakit tersebut menimbulkan lesi-lesi ulseratif kecil dalam mulut bersama dengan ruam eritematosus dan vaskuler pada permukaan dorsal dan ventral tangan, jari, dan telapak kaki.

Vesikel-vesikel kecil multipel yang berulserasi dan berkeropeng adalah ciri khasnya. Mungkin ada beberapa sampai lebih dari 100 lesi kecil dengan lingkaran eritematosus yang mencolok.

Lesi oral dari penyakit tangan kaki dan mulut terutama menyebar pada lidah, palatum keras, mukosa pipi dan mukosa bibir. Pada suatu saat lesi-lesi bergabung membentuk daerah erosi yang luas. Biasanya tidak mengenai orofaring.

Jumlah seluruh lesi intraoral biasanya kurang dari 20. Sakit adalah gejala yang umum, bersama dengan meningkatnya suhu, malaise dan limfadenopati.

READ:  Cara Merapihkan Gigi Mesiodens

Diagnosisnya dapat dibuat dengan cara kultur virus dan studi antibody serum; tetapi penyebaran klasik dari lesi pada telapak tangan, telapak kaki, dan mukosa mulut adalah diagnostic dalam sebagian besar kasus. Terlepas dari macam perawatannya, penyembuhan terjadi dalam kira-kira 10 hari.

Loading...