Hairy Leukoplakia

Hairy LeukoplakiaHairy leukoplakia adalah lesi putih, tidak berbatas jelas, berkerut, menimbul pada tepi lateral lidah dan berkaitan dengan virus Epstein Barr dan infeksi HIV.

Lesi-lesi awal tampak sebagai plak mengarah vertical, putih, besar pada tepi lateral lidah yang biasanya bilateral, sedangkan lesi-lesi yang lebih lama dapat menutup seluruh lateral dan permukaan dorsal lidah dan meluas ke mukosa pipi dan palatum.

 

Lesi-lesi tersebut tanpa gejala, tidak dapat dihapus dan seringkali mengganggu secara estetika untuk pasien. Secara histologist tampak tonjolan-tonjolan mirip rambut hiperkeratotik, koliositosis, sedikit radang dan infeksi kandida.

Bukti histopatologis  dari Hairy leukoplakia adalah penting, karena diagnosis tersebut dapat meramalkan perkembangan AIDS pada 80% penderita terinfeksi dalam 1 sampai 3 tahun.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara Memanjangkan lidah, cara menumbuhkan gigi gingsul dengan cepat dan alami, cara membuat lem gigi palsu alami, cara melepas behel dengan baking powder, bahaya lem alteco untuk gigi, biaya memutihkan gigi di puskesmas, gambar gigi, cara mematikan saraf gigi, apakah lem alteco bisa untuk behel, gigi geraham tumbuh berapa kali