Gangguan Kelenjar Ludah

https://www.infogigi.comLudah memberikan perlindungan alami melawan kerusakan gigi. Ludah dihasilkan oleh kelenjar saliva (kelenjar ludah) yang terdapat didalam rongga mulut.

Jumlah ludah yang tidak mencukupi bisa menyebabkan timbulnya lubang pada akar gigi, mulut kering bahkan bisa juga menyebabkan kesulitan berbicara dan menelan.

 

Namun tidak semua kasus mulut kering disebabkan kerusakan kelenjar ludah. Gelisah, stress, terlalu sedikit minum, pernapasan melalui mulut, atau penggunaan jenis obat tertentu bisa menjadi penyebabnya.

Kemoterapi dan radiasi kepala atau leher untuk pengobatan kanker juga menyebabkan kerusakan kelenjar ludah.

Selain mengalami kerusakan, kelenjar ludah bisa juga mengalami pembengkakan. Biasanya terjadi karena adanya penyumbatan sehingga pembuluh yang membawa ludah dari kelenjar ludah menuju mulut terhalang.

Penyebab penyumbatan paling umum adalah adanya batu yang terbentuk dari garam yang terkandung di dalam ludah. Ludah yang terhalang bisa terinfeksi dengan bakteri.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Polip pulpa menghitam, Crown gigi bpjs, cara membuat lem gigi palsu alami, bahaya lem alteco untuk gigi, cara melepas behel dengan baking powder, biaya memutihkan gigi di puskesmas, gambar gigi, cara mematikan saraf gigi, apakah lem alteco bisa untuk behel, cara menumbuhkan gigi gingsul dengan cepat dan alami