Cara Menghindari Gigi Berjejal

 

https://www.infogigi.comGigi berjejal atau saling bertumpuk merupakan keadaan tumbuhnya gigi diluar susunan gigi yang normal. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab:

1. Adanya ketidaksesuaian antara ukuran lengkung rahang dan ukuran leher gigi-gigi.

2. Perkembangan tulang rahang yang kurang sempurna.

3. Factor keturunan.

4. Selain kurang indah secara estetika, gigi berjejal juga bisa meningkatkan resiko peradangan gusi dan gigi berlubang akibat penumpukan plak yang sukar dibersihkan.

Untuk merapihkan gigi yang berjejal dapat dilakukan dengan menggunakan kawat gigi. Jangka waktu pemakaian kawat gigi ini disesuaikan dengan tingkat kerusakan gigi.

Sebelum memulai perawatan, biasanya dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah ada gigi yang berlubang. Selanjutnya, gigi yang berlubang ini akan ditambal. Setelah itu dokter gigi akan membersihkan karang gigi dan mencabut gigi yang mengganggu gerakan mulut.

Gigi berjejal dapat dihindari dengan cara:

a. Menguatkan otot rahang sehingga rahang tumbuh dengan sempurna

b. Menghindari terlalu sering menyantap makanan  yang terlalu lunak agar otot-otot rahang bergerak optimal. Makanan yang terlalu lunak membuat otot-otot rahang sedikit bergerak.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

pengertian linea alba, merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung