Gaya Hidup Penyebab Kanker Mulut

https://www.infogigi.comPenyakit kanker juga tak dapat dilepaskan dari pengaruh gaya hidup modern yang banyak mengonsumsi makanan mengandung oksidan. Begitu juga dengan iritasi yang terjadi dalam mulut dapat menyebabkan masuknya virus penyebab kanker. Iritasi bisa terjadi akibat gesekan dengan gigi yang tajam, sariawan, atau pun tergigit secara tidak sengaja.

Apabila dokter menemukan tanda-tanda menyerupai kanker mulut, dokter akan mengambil apusan jaringan dari rongga mulut, yang disebut biopsy untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya biopsy dilakukan dengan bius local.

 

Kemudian seorang ahli patologi akan melihat jaringan tersebut di bawah mikroskop untuk memeriksa sel-sel kanker. Biopsy adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah jaringan tersebut merupakan kanker.

Setelah biopsy, dokter menentukan stadium kanker tersebut dan menentukan apakah kanker sudah menyebar atau belum untuk merencanakan pengobatan yang terbaik.

Untuk menentukan stadium kanker, mungkin diperlukan endoskopi, yaitu alat berupa tabung tipis bercahaya untuk memeriksa rongga hidung, mulut, dan orofaring. Biasanya untuk endoskopi digunakan bius local.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara memperpanjang gigi taring secara alami, Doa agar gigi tidak tonggos, cara buat gigi patah copot, gigi geraham tumbuh berapa kali, cara membuat lem gigi palsu alami, cara menumbuhkan gigi gingsul dengan cepat dan alami, crown gigi di puskesmas, apakah lem alteco bisa untuk behel, bahaya lem alteco untuk gigi, gambar gigi