Dua Bentuk Ukuran Gigi

 

https://www.infogigi.comAda dua ukuran gigi yaitu:

Makrodonsia

Yaitu suatu keadaan yang menunjukkan ukuran gigi lebih besar dari normal, hampir 80% lebih besar (bisa mencapai 7,7-9,2 mm).

Perawatan: hampir tidak ada, kecuali dicabut bila dianggap mengganggu estetis.

Mikrodonsia

Yaitu suatu keadaan yang menunjukkan ukuran gigi lebih kecil dari normal. Bentuk koronanya (mahkota) seperti conical atau pengshaped. Sering diduga sebagai gigi berlebih.

Keadaan ini sangat merugikan estetik (keindahan) maupun kesehatan. Fungsi gigi sebagai alat pencernaan dapat terganggu dan memengaruhi asupan makanan ke dalam tubuh. Pada akhirnya kesehatan tubuh akan terganggu.

Untuk mengatasinya: pada gigi insisivus dua dapat ditambal dengan komposit resin (dapat digunakan seluloid crown sebagai alat bantu) sehingga kembali seperti ukuran normal atau dibuatkan jaket krown bila akarnya sudah tertutup sempurna. Sedangkan pada molar tiga umumnya tidak dilakukan perawatan.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung, komposisi pasta gigi ciptadent