Pembesaran Jaringan Lunak Pada Anak

 

https://www.infogigi.comPembesaran jaringan lunak merupakan salah satu tanda alergi terhadap Yodium. Pembengkakan itu biasanya terjadi dimulut, bibir, lidah, dan tenggorokan.

Selain itu, alergi terhadap Yodium juga menyebabkan timbulnya ruam, gatal, kulit melepuh atau membengkak, perdarahan, demam, nyeri sendi, dan gejala alergi lainnya.

Yodium adalah mineral non logam yang diperlukan untuk metabolisme sel-sel. Yodium banyak terdapat dalam makanan laut seperti kerang.

Tubuh menggunakan yodium untuk menghasilkan hormone, misalnya hormone tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Namun beberapa orang memiliki alergi terhadap yodium. Biasanya mereka yang alergi terhadap yodium juga mengalami alergi terhadap makanan laut.

Seseorang yang mengalami alergi terhadap yodium kemungkinan besar akan mengalami masalah dengan tiroid karena tubuhnya tidak dapat menerima yodium yang diperlukan untuk memproduksi hormone-hormon yang dibutuhkan. Kekurangan hormone-hormon tersebut dapat menyebabkan masalah konstipasi, kelemahan, obesitas, dan gangguan mental.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi yodium:

1. Obati reaksi kulit dengan antihistamin atau obat kortikosteroid oral maupun topical. Antihistamin dapat dibeli di toko obat atau apotek terdekat, sedangkan kortikosteroid harus menggunakan resep dokter.

2. Bila reaksi alergi menimbulkan batuk, gunakan bronchodilator untuk melegakan saluran pernapasan.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

pengertian linea alba, merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung