Tumor Jinak Pada Gigi

 

https://www.infogigi.comTumor gigi

Tumor adalah pembengkakan sel tubuh yang terjadi pada tempat yang tidak semestinya. Tumor rahang merupakan tumor yang tumbuh pada bagian rahang tempat dimana gigi tumbuh sehingga disebut tumor gigi. Dapat diambil kesimpulan bahwa tumor gigi adalah pembengkakan yang terjadi dalam mulut yang bukan disebabkan oleh infeksi.

Tumor Jinak

Yang dimaksud dengan tumor jinak adalah tumor yang tidak menjalar (metastase) dan hanya membesar pada tempat yang tumbuh. Tumor jinak ini terdiri dari:

1. Papiloma

Dapat terjadi pada gusi, langit-langit, lidah, dasar mulut, dan bibir. Bentuknya agak bulat dengan ukuran 2 sampai 5 mm. Papiloma ini lebih keras dari jaringan sekitarnya.

2. Ameloblastoma

Tumor ini berasal dari benih gigi pembentuk email yang berkembang liar. Umumnya orang terkena penyakit ini pada umur 30 tahun. Terjadinya tulang rahang.

3. Lipoma

Bisa terjadi pada daerah mulut yang banyak lemaknya seperti pada bagian pipi dan dasar mulut.

4. Fiboma

Bisa terjadi di bibir, lidah, langit-langit dan gusi. Jaringan pembungkusnya lebih pucat dari sekelilingnya dan lebih keras.

5. Odontoma

Disini benih-benih gigi membentuk gigi-gigi kecil yang banyak terkumpul dalam satu kantung yang dindingnya terdiri dari jaringan ikat. Kantung terus membesar dengan bertambah banyaknya gigi kecil ini.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

pengertian linea alba, merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung