Mencegah Gigi Berlubang

Loading...

Masalah gigi merupakan sebuah masalah serius yang perlu diperhatikan. Masalah kesehatan gigi adalah masalah yang tidak bisa dianggap sepele. Mengapa? Karena kita tahu bahwa rasa sakit akibat gigi yang rusak, gigi berlubang maupun penyakit gigi lainnya sangat sakit sekali. Saraf-saraf gigi sangat berkaitan erat dengan saraf-saraf pusat, seperti saraf otak/kepala dan saraf mata. Sehingga bila ada yang sakit gigi, kepala terasa sakit dan mata terasa mau copot.

Untuk mencegah gigi berlubang, di bawah ini beberapa langkah dan kebiasaan yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan, diantaranya :

1. Periksakan kesehatan gigi dan gusi Anda secara rutin pada dokter spesialis gigi dan gusi.

Pemeriksaan kesehatan gigi dan gusi kepada dokter spesialis gigi dan gusi adalah cara efektif dan cara terbaik untuk mencegah penyakit seputar gigi dan gusi. Lakukan pemeriksaan ini minimal 3 bulan sekali. Konsultasikan dan bertanyalah pada dokter ahli gigi tentang penyebab, pencegahan dan pengobatan darurat bila anda terserang sakit gigi.

READ:  Kenali Makanan Yang Dapat Merusak Gigi

2. Kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula sangat tinggi.

Beberapa makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang adalah makanan yang memiliki kandungan gula berlebih. Untuk itu, kurangi makanan dan minuman seperti sirup, permen, coklat, soda dan makanan serta minuman manis lainnya yang mengandung kadar gula tinggi.

3. Hendaknya Anda menggosok gigi secara teratur.

Salah satu cara termudah untuk mencegah kerusakan gigi, bau mulut dan penyakit gusi adalah dengan menyikat gigi secara teratur, minimal 2 kali sehari. Biasakan untuk menggosok gigi sebelum dan sesudah tidur, setiap habis makan, juga setiap habis makan permen maupun coklat. Gunakan pasta gigi standar, minimal yang mengandung fluoride. Gantilah sikat gigi Anda minimal 3 bulan sekali agar tetap aman pada saat menyikat gigi terutama untuk menghindari luka pada gusi.

READ:  Perubahan Warna Di Mulut

4. Hendaknya Anda membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi (floss) minimal sehari sekali.

Gunakan kaca untuk memudahkan Anda melihat sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi. Anda bisa menggunakan tusuk gigi yang higienis dan tidak terlalu tajam untuk membersihkan sisa-sisa makanan diantara gigi. Lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai permukaan gusi Anda.

5. Konsumsi vitamin untuk merawat kesehatan gigi dan gusi Anda.

Mengkonsumsi sejumlah vitamin terutama vitamin C dan D serta kalsium untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain anjuran untuk makan dan minum yang menyehatkan, Anda perlu memberikan tambahan kalsium dan vitamin terutama vitamin K dan D untuk membantu proses penyerapan mineral yang membantu kesehatan gigi, mulut dan gusi.

READ:  Gangguan Internal Pada Rahang Gigi

Loading...