Gejala Tanda Awal Gigi Berlubang

Loading...

Gejala gigi berlubang umumnya, adalah sakit gigi, gigi menjadi sensitive setelah makan atau minum manis, asam, panas, atau dingin Terlihat atau terasa adanya lubang pada gigi Bau Mulut (Halitosis)
Munculnya spot putih seperti kapur pada permukaan gigi. Ini menunjukkan area demineralisasi akibat asam. Selanjutnya, warnanya akan berubah menjadi cokelat, kemudian mulai membentuk lubang. Jika spot kecoklatan ini tamapk mengkilap, maka prosease demineralisasi telah berhenti yaitu jika kebersihan mulut membaik. Spot ini disebut STAIN (bukan sekolah tinggi agama islam negeri yang dekat arbes loh..hehehe) dan dapat dibersihkan. Sebaliknya, spot kecokelatan yang buram menunjukkan prosese demineralisasi yang sedang aktif. Makanya, diperlukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini timbulnya lubang.
Apabila kerusakan telah mencapai dentin (dentin merupakan bentuk pokok dari gigi yang diliputi oleh sementum/jaringan gigi yang melindungi dentin pada daerah akar gigi dan email/bentuk luar yang melindungi dentin pada daerah mahkota gigi), biasanya mengeluh sakit atau timbul ngilu setelah makan atau minum manis, asam, panas atau dingin.

READ:  Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

Loading...