Bagaimana Menjaga Gigi Tetap Awet Hingga Tua

Loading...

Meskipun ada beberapa kondisi dan penyakit yang dapat menyebabkan kehilangan gigi, produk dan teknologi hari ini memberi orang kesempatan lebih besar untuk menjaga gigi asli sampai mereka tua. Yang paling umum disarankan untuk memiliki satu set gigi yang sehat selamanya adalah dengan melakukan sikat gigi secara teratur. Kebanyakan masalah gigi dan mulut disebabkan oleh plak, infeksi bakteri, partikel dan bahan organik lain yang terbentuk pada permukaan gigi.

Bakteri pada plak gigi ternyata menghasilkan asam yang menyebabkan rongga terbentuk. Plak adalah penyakit periodontal, sebuah infeksi yang dapat merusak jaringan dan mengikis tulang di sekitar gigi. Cara terbaik untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya plak adalah dengan menyikat gigi dan flossing.

Menyikat gigi secara teratur dan flossing sangat diperlukan agar plak tidak akan memiliki kesempatan untuk mengendap dan mengeras. Sebagian besar anak-anak biasanya sudah diajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Namun, kadang sebagai orang tua, kita cenderung mengabaikan cara yang tepat menyikat gigi dan hanya sikat gigi secara sembarangan.

READ:  Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam

Jika Anda berpikir bahwa dengan hanya menggosok gigi dan menghasilkan busa melimpah di mulut cukup untuk menyingkirkan plak dan sisa-sisa makanan lainnya, maka tolong untuk memikirkannya lagi. Anda mungkin hanya akan membuang-buang waktu, tenaga dan pasta gigi jika Anda tidak mempraktekkan teknik yang tepat dalam menyikat gigi Anda. Dibutuhkan lebih dari sekadar naluriah menyikat agar bulu sikat gigi Anda menghapus plak tanpa melukai gusi Anda.

Jika Anda benar-benar ingin tahu cara yang tepat untuk menyikat gigi, Anda dapat mengunjungi dokter gigi atau
ahli kesehatan gigi lainnya agar mereka dapat menunjukkan kepada Anda cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Tips Umum Menyikat Gigi
Anda perlu menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Mungkin yang paling penting waktu untuk menggosok gigi adalah sebelum Anda pergi ke tempat tidur. Mengapa? Karena pada saat tidur, produksi air liur menurun, membuat gigi lebih rentan terhadap serangan asam bakteri.

READ:  Tips Sikat Gigi yang Benar

Tidak dianjurkan untuk menyikat lebih dari tiga kali hari karena dapat menyebabkan gusi surut, apalagi dilakukan dalam masa yang lama. Ketika menyikat gigi Anda, pastikan untuk tidak membuat tekanan yang terlalu keras karena itu juga akan menyebabkan perdarahan gusi.

Menyikat terlalu keras akan merusak bagian selaput rongga mulut, yang selanjutnya juga akan menyebabkan kerusakan yang sama pada gigi dan gusi. Jangan terburu-buru ketika Anda menyikat gigi. Dua menit adalah waktu ideal yang disarankan untuk menghapus cukup makanan dan timbunan plak di gigi Anda. Hal terakhir yang disarankan adalah mengganti sikat gigi secara teratur.

Semoga tips ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi Anda!

READ:  Koleksi Jamur Makroskopis

Loading...