Kerusakan gigi akibat substansi alkalin

 

Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa substansi dengan kadar PH yang tinggi alias pahit ternyata juga dapat merusak gigi. Penelitian yang dilakukan oleh Sahlgrenska Academy dari University of Gothenburg memperlihatkan substansi alkalin yang kuat dapat menghancurkan bahan-bahan organik yang terkandung di dalam jaringan keras gigi sehingga membuat strukturnya menjadi lebih lemah.

Dalam penelitian ini, gigi yang telah dicabut diberikan paparan larutan alkalin lalu sampel email gigi diperiksa menggunakan mikroskop elektron dan dianalisis menggunakan berbagai metode spektroskopik. Ditemukan bahwa materi organik yang terdapat pada permukaan gigi larut dengan cepat, permukaan email pun menjadi lebih berporus. Kerusakan seperti ini menandai terjadinya peningkatan resiko karies atau kerusakan struktur jaringan keras gigi.

Kerusakan gigi akibat substansi alkalin mungkin tidak seumum seperti yang ditimbulkan oleh substansi asam. Biasanya paparan gigi terhadap substansi yang sangat alkalin dapat terjadi di industri-industri atau tempat kerja yang menggunakan bahan tersebut dimana para pekerjanya lalai atau tidak dilengkapi perlengkapan pelindung yang memadai.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

merk lem gigi, merek lem gigi palsu, cara memperbaiki gusi yang rusak, oral propilaksis adalah, cabut gigi istilah kedokteran, istilah medis pencabutan gigi, diagnosa gigi goyang, cara memperbaiki dental unit gigi, jenis tang gigi sulung, komposisi pasta gigi ciptadent