Jenis Bakteri Dalam Rongga Mulut

Tahukah Anda kalau ternyata ada begitu banyak bakteri yang hidup dalam rongga mulut kita. Bakteri tersebut bermacam-macam dan sangat kompleks. Bakteri tersebut secara umum terbagi atas dua yaitu bakteri aerob (bakteri yang butuh oksigen untuk hidup) dan bakteri anaerob(tidak butuh oksigen).

Jenis-jenis mikroba atau bakteri yang ditemukan dalam rongga mulut kita antara lain:

 

* streptokokkus,
* stafilokokkus,
* corynebacteria,
* neisseria,
* lactobacilli,
* kandida, dan banyak lainnya.

Salah satu jenis bakteri yang paling terkenal merusak adalah Streptococcus mutans, yang penting pada permukaan gigi, terutama pada orang-orang yang mengonsumsi gula (sukrosa) dalam jumlah yang tinggi. Bakteri ini akan memecah gula dan menghasilkan zat-zat yang membantu untuk melekatkan dirinya pada permukaan gigi. Ketika gula ini mengalami pemecahan, sejumlah asam laktat akan diproduksi. Produksi asam laktat tersebut menurunkan pH (meningkatkan tingkat keasaman) di dalam rongga mulut, yang akan membantu dalam pertumbuhan lactobacilli.

 

TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara memperpanjang gigi taring secara alami, Doa agar gigi tidak tonggos, cara buat gigi patah copot, gigi geraham tumbuh berapa kali, cara membuat lem gigi palsu alami, cara menumbuhkan gigi gingsul dengan cepat dan alami, crown gigi di puskesmas, apakah lem alteco bisa untuk behel, bahaya lem alteco untuk gigi, gambar gigi